get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Seorang Pemuda Berhasil Sulap Limbah Kayu Jati Menjadi Kerajinan Wayang Krucil Bernilai Seni Tinggi

Selasa, 05 September 2023 | 10:57 WIB
header img
Rokhani saat memberi warna pada Wayang Krucil hasil karya seninya.

TUBAN, iNewsTuban.id - Seorang pemuda di Tuban, Jawa Timur, berhasil menyulap limbah kayu jati, menjadi kerajinan seni ukir wayang krucil yang bernilai ekonomis tinggi. Sebuah wayang yang diselesaikannya dalam waktu tiga hari itu, mampu terjual hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kesulitan dan ukuran. Sementara itu ia juga menerima pesanan membuat seni ukir relief wayang dalam sebuah papan, yang dijual dengan harga hingga Rp. 900.000. Wayang kayu dengan corak warna mozaik klasik inipun, banyak dipesan oleh kolektor dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya  Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Jakarta melalui online.

 

Kesibukan sehari hari, Rokhani, warga Dusun Kayunan, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pemuda 30 tahun yang awalnya tidak memiliki ilmu pertukangan dan seni ukir kayu ini, tiba-tiba bisa menyulap limbah kayu jati, menjadi seni ukir wayang krucil, yang sangat indah dan bernilai ekonomis tinggi.

 

Awalnya, Rokhani yang saat itu sudah lulus SMP, berfikir keras saat melihat banyaknya limbah kayu jati di sekitar rumahnya, agar bisa dijadikan barang yang bermanfaat.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut