get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

1.163 Jamaah Calon Haji di Tuban Menjalani Manasik Haji

Jum'at, 03 Mei 2024 | 08:25 WIB
header img
1.163 Jamaah Calon Haji di Tuban Menjalani Manasik Haji di halaman Graha Sandya PT Semen Gresik di Desa Bogorejo, Kecamatan Merak Urak, Kabupaten Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Berbagai persiapan mulai dilakukan menjelang pelaksanaan ibadah haji tahun ini, di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, sebanyak 1.163 jamaah calon haji mengikuti tahap akhir manasik haji, oleh Kementerian Agama Kabupaten setempat, agar calon jamaah haji dapat memahami proses dan rukun haji.
  


Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, menggelar manasik haji masal di Graha Sandiya, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

 

Sebanyak 1.163 jamaah haji asal Tuban diberikan wawasan tentang praktek pelaksanaan umroh dan haji, agar jamaah haji dapat memahami dengan baik dari proses umroh sebelum haji hingga pelaksanaan ibadah haji, mereka juga juga diberikan wawasan tentang rukun haji dengan praktek secara langsung.

Para jamaah melakukan berbagai rukun haji, mulai dari niat ihram, wukuf di arafah kemudian mabit muzdhalifah, jumrah aqabah dan tahalul awal, hingga selanjutnya mabit ke Mina lempar jumrah, tawaf dan sai.
 


Keberangkat haji yang sudah ditunggu - tunggu sekitar 12 tahun ini membuat para calon jamaah haji merasa sangat senang dan bersyukur, untuk segera berangkat ke tanah suci. Salah satunya seperti yang dirasakan Fada, jamaah haji asal Merakurak.

 

Setelah mengikuti rangkaian manasik haji, ia berharap bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat Islam.

“saya dari 2011 sebenernya saya berangkat 2023 karna ada halangan di tunda dulu. alhamdulillah sangat senang dan bersyukur, kita kan sudah dilatih manasik kurang lebih 6 bulan kemudian juga persiapan  dari pakai irham dan melafalkan doa doa,” ujar Fada, calon jamaah haji.


 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, berharap dengan manasik tahap akhir ini, semua jamaah haji setelah menerima teori, dapat mempraktekkan sesuai dengan syariat Islam dan aturan-aturan yang diberikan oleh para pembimbing.

“pelaksanaan praktek umroh wajib atau umroh haji dan praktek pelaksaan haji dengan lengkap. harapan kita dengan manasik haji ini sudah menerima bimbingan manasik haji di 16 kali kemudian pemantapan di KUA 6 kali, harapan kita ini adalah manasik masal yang kedua terakhir. sebanyak 1.163 jamaah haji harapannya jamaah haji ini setelah menerima teori kemudian mempraktekan sesuai dengan syariat islam dan  aturan aturan yang diberikan oleh para pembimbing,” kata Umi Kulsum, Kepala Kemenag Kabupaten Tuban.

 


Untuk informasi, jamaah calon haji asal Kabupaten Tuban terbagi menjadi 3 kloter, mereka akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 13 mei 2024 mendatang.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut