Adapun materinya disajikan meliputi: Pengenalan Gamifikasi: Konsep dasar gamifikasi dan bagaimana prinsip-prinsip permainan seperti poin, level, dan tantangan dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Desain Game untuk Pembelajaran: Cara merancang elemen permainan yang efektif, termasuk pembuatan misi, tugas, dan sistem penghargaan yang dapat memotivasi siswa. Platform dan Alat Gamifikasi: Pengenalan berbagai alat dan platform yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan gamifikasi dalam kelas, seperti Kahoot, wordwall, Quizizz, dan Classcraft. Studi Kasus: Analisis kasus nyata dari sekolah-sekolah yang telah berhasil mengintegrasikan gamifikasi dalam kurikulum mereka, serta diskusi tentang tantangan dan solusi yang ditemukan. Workshop Praktis: Sesi interaktif di mana peserta dapat langsung mencoba membuat elemen gamifikasi dan merancang aktivitas pembelajaran berbasis permainan.
Respon peserta, diklat menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap materi yang disampaikan. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru. Dengan adanya gamifikasi, saya merasa bisa membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton,” ujar Sofia seorang guru dari Kota Batu, Jawa Timur.
Sementara itu, Sariyati, menambahkan, “terima kasih, sangat menarik dan dapat ilmu baru”, terangnya.
Editor : Prayudianto