get app
inews
Aa Read Next : Nagarakretagama dan Pararaton, Kitab Kuno yang Catat 2 Sejarah Besar

Mengenal Kanjuruhan, Kerajaan Tertua di Jawa Timur Dipimpin Raja Gajayana

Senin, 02 September 2024 | 08:46 WIB
header img
Peninggalan Kerajaan Kanjuruhan di Malang yang merupakan kerajaan tertua di Jawa Timur. (Foto: Ist)

MALANG, iNewsTuban.id - Kanjuruhan merupakan kerajaan bercorak Hindu di Jawa Timur yang pusatnya berada dekat Kota Malang. Kanjuruhan diduga telah berdiri pada abad ke-8 Masehi, menjadi kerajaan tertua di Jawa Timur

 

Dalam catatan sejarah, Kerajaan Kanjuruhan umurnya sama dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Letaknya berada di aliran Kali Metro di lereng Gunung Kawi sisi timur. 

 

Bukti keberadaan Kerajaan Kanjuruhan ditemukan pada Prasasti Dinoyo tahun 682 saka atau 760 Masehi. Prasasti Dinoyo merupakan bagian dari peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang diidentifikasi berdiri pada abad 6 dan 7 Masehi.

 

Prasasti ini ditemukan tak jauh dari aliran Sungai Metro, sedangkan bangunan peninggalan Candi Badut juga ditemukan tak jauh dari lokasi tersebut. 

 

Pada prasasti tersebut disebutkan ada raja bernama Raja Dewasimha. Setelah meninggal digantikan raja yang bernama Sang Liswa sebagaimana dikutip dari 'Babad Tanah Jawi'.

 

Liswa inilah yang akhirnya mendapat gelar Gajayana. Di masa kepemimpinan Gajayana, Kerajaan Kanjuruhan mengalami masa kejayaan.

 

Kekuasaan kerajaan meliputi lereng timur dan barat Gunung Kawi, bahkan sisi barat kekuasaannya mencapai ke area Pegunungan Tengger Semeru. Kemudian ke sisi utara bahkan hingga mencapai pesisir Laut Jawa. Sementara di wilayah selatan kekuasannya mencapai pantai selatan Pulau Jawa. 

 

Seusai masa kepemimpinan Raja Gajayana, Kerajaan Kanjuruhan kemudian dipimpin Pangeran Jananiya. Pangeran Jananiya merupakan menantu dari Raja Gajayana, dia menikah dengan satu-satunya anak dari Raja Gajayana bernama Uttejana. Kedua pasang suami istri ini memimpin kerajaan dengan penuh kebijaksanaannya. 

 

Namun kemunduran Kerajaan Kanjuruhan muncul setelah sekitar tahun 847 Masehi. Ketuka itu Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mengembangkan kekuasaannya. Perluasan kekuasaan Kerajaan Mataram di bawah perintah Sri Maharaja Rakai Pikatan Dyah Saladu meluas hingga ke Jawa Timur, termasuk di wilayah yang dulunya menjadi kekuasaan Kerajaan Kanjuruhan hilang hingga  hirnya dikuasai Kerajaan Mataram Kuno.

 

Pegiat Sejarah Eko Irawan mengakui bila nama Kerajaan Kanjuruhan dari catatan sejarah di Jawa Timur masih menjadi salah satu kerajaan tertua yang teridentifikasi hingga kini. 

 

"Jadi Kanjuruhan ini kerajaan tertua di Jawa Timur, seumuran dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat yang berdiri abad 7 - 8 masehi," kata Eko saat dikonfirmasi, beberapa waktu lalu. 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut