get app
inews
Aa Read Next : Direktur TI BPJS Kesehatan Ungkap Layanan Digital Program JKN ke Belahan Dunia

Tingkatkan Layanan Masyarakat, Kemenag Bojonegoro Gelar Percepatan Digitalisasi Data Layanan KUA

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:19 WIB
header img
Kasi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah Amanulloh, memberikan pengarahan.

BOJONEGORO, INews id - Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) melaksanakan kegiatan Percepatan Digitalisasi Data Layanan KUA, Selasa (29/3/2022). 

Dalam Kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber Bidang Urais Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Kasi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah Amanulloh. Selain itu juga dari Kepala KUA Kapas Masduki. Berikut representasi KUA yang sudah menerapkan layanan secara digital.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Timur Jl. Veteran Bojonegoro ini dibuka oleh Kepala Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro Muhammad Muhlisin Mufa. Diikuti oleh 50 orang peserta dari seluruh Kepala KUA, Para Penghulu dan JFU Se-Kabupaten Bojonegoro.


Peserta serius mendengarkan pengarahan.

 

Dalam sambutannya, Kasubbag TU Muhammad Muhlisin Mufa mengatakan, transformasi sektor layanan pada lembaga KUA diharapkan dapat ditingkatkan. Baik dari segi profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, maupun efisiensi waktu sehingga terjamin kepastian pemenuhan layanan bagi masyarakat.  “Dengan berbasis layanan digital dan kemampuan SDM yang unggul. Maka pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat semakin mudah. Karena layanan KUA dapat di akses dimanapun berada,” kata Pak Muhlisin panggilan akrabnya. Pak Muhlisin menambahkan para Kepala KUA dan Penghulu serta JFU harus memahami tugas dan fungsinya dengan baik. Selain itu dapat berinovasi dalam melaksakan tugas.  “Tugas kita adalah melayani masyarakat, untuk itu berikan pelayanan terbaik dengan melakukan berbagai inovasi,” tambahnya.

Pak Muhlisin berharap, kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini dapat memberikan dampak yang positif dan pencerahan bagi kepala KUA dan Penghulu serta JFU. Oleh karena itu KUA harus bersinergi dengan kantor Kemenag Bojonegoro melalui Bimas Islam dalam menciptakan SDM yang berkualitas. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan peningkatan pelayanan di KUA yang berbasis IT kepada masyarakat sehingga memudahkan kinerja KUA secara efektif dan efisien,” ujarnya 
 
Sementara itu, mewakili Kasi Bimas Islam sebagai panitia M.Kh. Rosy menyampaikan, kegiatan ini dari Dipa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro tahun 2022. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Yaitu dengan terus meningkatkan kemapuan SDM yang ada di KUA dalam pemanfaatan teknologi terbaru dan harus selalu update dan upgrate tentang kebijakan Kementerian Agama RI. “Melalui kegiatan ini diharapkan KUA dapat melalui layanan berbasis digital sehingga dapat memberikan kemudahan dan layanan kepada masyarakat,” tutup M. Kh. Rosyid.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut