get app
inews
Aa Read Next : Bulan Ramadan, Podarwis Pantai Kelapa Tuban Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Sekitar

Peringati Hari Seni Rupa Sedunia Dan Hardiknas, Siswa SMAN 3 Gelar Pameran di Pantai Kelapa Tuban

Senin, 16 Mei 2022 | 02:13 WIB
header img
Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban Danarji bersama Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa, Muhasan dan Pembina Seni Rupa SMAN 3 Tuban Luluk Setyorini saat membuka pameran seni rupa (Foto : Ist)

TUBAN, iNews.id - Salam rangka memperingati hari Seni Rupa Sedunia yang juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Tuban menggelar pameran ratusan karya seni rupa selama dua hari yaitu pada Sabtu (14/5/2022) hingga Minggu, (15/5/2022). Berlokasi di Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Pameran seni rupa karya siswa dan siswi yang mengusung tema 'Melestarikan Alamku' ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban Danarji dengan dihadiri oleh Ketua Dewan Kesenian Tuban (DKT), Joko Wahono serta Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa, Muhasan.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Disbudporapar Kabupaten Tuban, Danarji mengatakan, pameran seni rupa ini merupakan bentuk pengembangan kreatifitas, bakat minat dari siswa-siswi SMAN 3 Tuban, yang tergabung dalam komunitas Semi Seni Rupa (SSR).

"Setelah saya keliling melihat hasilnya, ternyata banyak yang terjual, Ini perlu kita kembangkan dan kita fasilitasi. Kedepan mungkin tidak hanya disini namun juga ditempat-tempat wisata yang lain," ucap Danarji.

Dia menambahkan, kedepannya dengan adanya kegiatan pameran seperti ini menumbuhkan kolaborasi yang lebih baik antara komunitas seni dan Pokdarwis atau pengelola wisata yang ada di Kabupaten Tuban. 

"Ini sangat luar biasanya, tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita semua, baik pengembangan wisata maupun komunitas seni rupa," jelas Danarji.

Ditempat yang sama, Pembina Seni Rupa SMAN 3 Tuban Luluk Setyorini mengungkapkan, jumlah karya seni rupa yang dipamerkan oleh siswa-siswi  SMAN 3 Kabupaten Tuban ada sebanyak 250 karya seni rupa. 

"Sudah ada beberapa karya diantaranya sudah terjual," ucap Luluk.


Danarji beserta rombongan saat berkeliling menikmati hasil karya siswa-siswi (Foto : Ist)

Dia berharap, kedepan siswa-siswi lebih giat dan semangat lagi untuk menciptakan karya-karya seni rupa. Di samping itu, juga ada perhatian dari pemerintah untuk mengembangkan kreatifitas siswa-siswi, juga pemberdayaan ekonominya.

"Harapannya pemerintah lebih memperhatikan siswa-siswa dalam mengembangkan karya seni rupa," ujarnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut