get app
inews
Aa Read Next : Upaya Penanganan Stunting Di Kabupaten Tuban, PRPP Gandeng Persagi Sosialisasi Ke Masyarakat

Cegah PMK, Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban Bersama DKP2P Sosialisasi Ke Rumah Peternak Sapi

Jum'at, 03 Juni 2022 | 09:13 WIB
header img
Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban bersama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP2P) melaksanakan sosialisasi secara langsung dari rumah ke rumah peternak. (Foto : Ist)

TUBAN, iNews.id - Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban bersama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP2P) melaksanakan sosialisasi secara langsung dari rumah ke rumah peternak berupaya untuk mencegah penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Desa Kaligede, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Rabu (1/6/2022).

Pasiter Kodim 0811 Tuban Kapten Czi Khairil Anwar saat memantau pemeriksaan kesehatan hewan di Lokasi Satgas TMMD mengatakan, ini merupakan program salah satu dari sasaran non fisik Satgas TMMD yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini, mengingat penyakit tersebut menular dengan cepat.

"Bersama petugas penyuluh kesehatan hewan kita melakukan sosialisasi secara langsung kepada para peternak sapi yang ada di Desa Kaligede ini," katanya.

Di Desa Kaligede ini, Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban bersama tim kesehatan hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban mendatangi satu per satu rumah peternak, melakukan pemeriksaan dan menyampaikan sosialisasi langsung kepada peternak tentang penyakit mulut dan kuku pada sapi. Peternak juga diberi brosur berisi teknik mengetahui gejala penyakit mulut dan kuku pada sapi, serta cara melaporkan kepada petugas apabila ada sapi yang mengalami gejala.

"Intinya yang perlu dilakukan adalah komunikasi, informasi, dan edukasi kepada peternak, sehingga dengan cara seperti itu deteksi dini bisa dilakukan," sebutnya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut