get app
inews
Aa Read Next : Optimalisasi Penanganan PMK, Dinas Peternakan Kabupaten Tuban Pasang Eartag Barcode di Kecamatan Ban

Kandungan Surat Yasin Ayat 71

Jum'at, 10 Juni 2022 | 21:30 WIB
header img
Surat Yasin Ayat 71 tentang manfaat hewan ternak bagi manusia yang wajib di syukuri. (foto : Freepik)

JAKARTA, Tuban. iNews.id - Surat Yasin Ayat 71 berisi tentang manfaat hewan ternak yang diciptakan oleh Allah SWT untuk kebaikan manusia. Sebagian hewan ternak itu dikonsumsi dan ada yang dipakai untuk dijadikan kendaraan seperti kuda, unta, sapi maupun kerbau. Karena itu, manusia diharuskan bersyukur karena dengan rahmat Allah bisa menikmati hewan ternak.

Berikut bacaan Surat yasin Ayat 71, Arab, Latin,

Arti أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ مِمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَا أَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُونَ 

Latin: Awalam yarau annaaa khalaqnaa lahum mimmaa 'amilat aydiinaa an'aaman fahum lahaa maalikun.

Artinya: Dan tidakkah mereka melihat bahwa Kami telah menciptakan hewan ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami, lalu mereka menguasainya? (QS. Yasin Ayat 71)

Dikutip dari Tafsir Kemenag, Surat Yasin Ayat 71 tersebut berisi tentang salah satu bukti kekuasaan Allah yang telah menciptakan hewan ternak untuk manusia seperti unta, sapi, dan kambing. 

Dari sebagian hewan ternak itu, manusia bisa menguasainya untuk memperoleh manfaat darinya seperti daging dan air susunya. Karena itu, seharusnya manusia mensyukuri hal tersebut, bukan mengingkarinya.


Sedangkan Ibnu Katsir dalam tafsirnya berkaitan Surat Yasin Ayat 71 menjelaskan makna yang dimaksud ialah Dia menjadikan mereka dapat menaklukkannya, sehingga binatang ternak itu jinak bagi mereka dan tidak liar. 

Bahkan seandainya anak kecil datang mendekatinya (unta), tentulah anak kecil itu dapat membuatnya merundukkan tubuhnya, atau memberdirikannya atau menggiringnya; dan unta itu akan jinak dan mengikuti apa yang dikehendakinya. Begitu pula seandainya sekumpulan ternak unta terdiri atas 100 ekor atau lebih, semuanya berjalan menuruti apa yang diperintahkan oleh si anak kecil itu.

Demikian penjelasan mengenai Surat Yasin Ayat 71, Arab, Latin, Arti tentang diciptakannya hewan ternak untuk kebaikan manusia dan keharusan mensyukuri nikmat-Nya.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut