Logo Network
Network

Ngripto Raras Usung Budaya Tradisional dan Isu Kekinian Saat Tampil di Pertura JKF 2022 

Pipit Wibawanto
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:49 WIB
Ngripto Raras Usung Budaya Tradisional dan Isu Kekinian Saat Tampil di Pertura JKF 2022 
Kelompok kesenian Ngripto Raras asal Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

Tuban, InewsTuban.id – Kabupaten Tuban didapuk menjadi perwakilan Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Jawa Timur II (Bakorwil II) Bojonegoro untuk menampilkan Pertunjukan Rakyat (Pertura) pada Jatim Kominfo Festival 2022, (27/07). Bertempat di pelataran Balai Kota Among Tani Kota Batu, kelompok kesenian Ngripto Raras asal Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan.
 
Sebelumnya, Ngripto Raras berhasil meraih penghargaan terbaik pada Festival  seni  Pertunjukan Rakyat (Pertura) pada Pekan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat ) ke-IX  tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi  Dan Informatika (Kominfo) Jawa Timur, di Taman Chandra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan.
 
Sebanyak 22 orang Ngripto Raras menampilkan pertunjukan tradisi Bucu Kendit. Tidak hanya itu, juga diangkat isu pemanfaatan internet dalam memandang suatu permasalahan, salah satunya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.
 
Penulis naskah dari Ngripto Raras, Aditya Nurrahmat mengungkapkan tradisi Bucu Kendit merupakan ikhtiar yang dilakukan orang-orang terdahulu di Kabupaten Tuban ketika menghadapi pagebluk atau wabah. Mereka melakukan doa bersama di perempatan atau pertigaan desa dengan membawa Bucu Kendit (tumpeng kecil). 

“Mereka berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar wabah, seperti pandemi Covid-19 maupun PMK dapat sirna dari Bumi Nusantara,” ungkapnya.

Follow Berita iNews Tuban di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini