Musik Keroncong yang Dipromosikan Bung Karno Hingga ke Mancanegara, Sempat Dilabeli PKI

iNews.id
Musik Keroncong yang Dipromosikan Bung Karno Hingga ke Mancanegara, Sempat Dilabeli PKI

MALANG, iNewsTuban.id – Ir. Soekarno tokoh proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia menyukai keroncong, salah satu dari beberapa aliran musik. Kecintaan Bung Karno kepada musik keroncong membuat sering dipromosikan hingga ke luar negeri, ketika Bung Karno melakukan kunjungan ke luar negeri.

 

Sejarawan dan peneliti keroncong Rakai Hino Galeswangi menuturkan, genre musik keroncong memang menjadi salah satu yang disukai oleh Bung Karno. Sebab aliran musik ini merupakan produk asli Indonesia.

 

“Bung Karno menyimpulkan (musik keroncong) punyanya Indonesia, bukan punya luar (negeri), makanya dengan memunculkan sifat nasionalisnya, yang membangga-banggakan dirinya Bung Karno kan orangnya narsis, Indonesia adalah saya, saya adalah Indonesia, maka harusnya produk apapun Indonesia harus saya munculkan,” ujar Rakai Hino Galeswangi.

 

Bahkan kecintaannya membuat Bung Karno pernah menyumbang genre musik keroncong. Sang proklamator ini menganggap keroncong merupakan produk asli Indonesia.

 

“Bung Karno pernah menyumbang dan menggandrungi juga musik keroncong. Dia senang banget musik keroncong itu, ke genre keroncong, beliau menganggap inilah produk Indonesia asli,” tuturnya.

Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network