get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Jelang Tahun Ajaran Baru, Peralatan Sekolah Laris Diserbu Emak-emak

Kamis, 14 Juli 2022 | 07:56 WIB
header img
Lapak Stationary milik Soimah di area Pasar Baru Jalan Gajah Mada. Foto : iNews.id. Siro.

“ini saya beli buku, buat peralatan sekolah anak saya mau masuk smp, karena di pasar lebih murah. Ini saya beli buku, pensil dan peralatan sekolah lainnya,” ujar Sundari sambil bertransaksi dengan penjual.

Menjelang tahun ajaran baru, menjadi berkah bagi pedagang peralatan sekolah. Omzet penjualan mereka melonjak drastis hingga berkali-kali lipat. Jika hari biasanya pedagang hanya mampu menjual 3 karton buku, maka kini bisa menghabiskan 80-100 karton buku.


Omzet penjualan para pedagang juga melonjak drastis hingga berkali-kali lipat. Foto : iNews.id. Siro.

Namun sejak 2 bulan terakhir terjadi kenaikan harga peralatan sekolah, khususnya buku. Kenaikan bervariasi antara Rp. 1.000,- sampai Rp. 5.000,- per pack.

“yaa alhamdulillah, ini sudah mulai ramai untuk pembelian alat tulis, karena yaa selama pandemi dua tahun ini sekolah online, penjualan alat tulis juga turun hampir lima puluh persen, kalau sekarang alhamdulillah sehari bisa menjual delapan puluh sampai seratus karton, biasanya hanya laku dua atau tiga karton saja,” ujar Soimah, salah satu pedagang peralatan sekolah di Pasar Baru Tuban.

Peningkatan penjualan ini sudah berlangsung sejak lebaran Idul Fitri lalu. Kondisi ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tanggal 17 juli mendatang.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut