get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Tuban Launching Bis Sekolah Gratis

Nelayan Kabupaten Tuban Menggelar Wisata Petik Laut Sebagai Wujud Rasa Syukur

Kamis, 15 September 2022 | 21:00 WIB
header img
Salah satu atraksi wisata petik laut, saat nelayan pesisir pantai Tuban saat akan melarung sesaji. Foto : iNews/Siro

TUBAN, iNews.id - Ratusan warga nelayan pesisir dari Kelurahan Sidomulyo, Karangsari, dan Kingking menggelar kegiatan Wisata Petik Laut, Rabu (14/09/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh warga pesisir dari tiga kelurahan tersebut, mengawali dengan Kirab Budaya Pesisir yang dimulai dari Plaza Ikan menuju ke wisata pantai Boom. Yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi Larung sesaji.
 
Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky yang ikut serta saat prosesi pelarungan sesaji. Ikut memasang kain pada sesaji yang berupa kepala sapi. Prosesi dilanjutkan dengan pelarungan oleh nelayan menggunakan perahu dengan dibawa ketengah laut. 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur para nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki hasil laut yang diberikan. Selain itu, event kirab dan larung sesaji juga telah menjadi agenda tahunan dari warga kelurahan pesisir pantai Kota Tuban, namun baru kali ini dilaksanakan dengan skala kabupaten dan diadakan secara bersamaan. 

“Biasanya skalanya tingkat kelurahan dan sendiri-sendiri, jadi bersyukur bisa menyelenggarakan bersamaan. Sehingga ajang ini juga menjadi pemersatu antara nelayan dari tiga kelurahan,” Kata Mas Bupati.

Mas Lindra mengatakan, pesisir pantai Tuban memiliki potensi budaya yang besar, yang harus dikembangkan. Untuk itu, mengagendakan wisata petik laut menjadi event tahunan merupakan salah satu sarana memunculkan agenda wisata baru yang memiliki multiplier effect baik dari segi budaya, kearifan lokal, hingga ekonomi. 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut