get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Wayang Kulit Semarakkan Sedekah Bumi Sendang Gede

Sabtu, 04 Februari 2023 | 09:07 WIB
header img
Pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Tri Bayu Santoso diacara sedekah bumi Sendang Gede (Foto : Totok Martono)

    TUBAN, iNewsTuban.id - Tradisi sedekah bumi dengan berbagai prosesi dan ritualnya masih cukup kental dalam kehidupan warga Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Seperti kegiatan resik Sendang Gede dengan pertunjukkan wayang kulit sehari semalam yang dihelat pada Rabu (1/2).

 

    Selaras dengan kearifan lokal, sedekah bumi atau lebih dikenal manganan oleh warga setempat,  di sendang gede dimulai dari reresik sendang (membersikan sendang) dari sampah dan lumpur. Belasan warga membersihkan sendang gede yang airnya cukup bening itu dengan cara manual. Sampah dan dedaunan di air sendang disingkirkan. Air disendang juga dikuras dengan menggunakan pompa disel dengan tujuan agar air sendang kembali bening dan resik. Sebelum membersihkan sendang, dilakukan ritual doa dengan ‘menyuguhkan’ beberapa uberampe yang dipimpin oleh sesepuh desa setempat.

 

“Sedekah bumi di Sendang Gede sudah menjadi tradisi yang dilestarikan oleh masyarakat. setiap tahunnya selalu nanggap wayang kulit,” kata Kasun Cungkup Sugianto.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut