get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Berburu Bubur Muhdhor, Takjil Khas Bubur di Tuban, yang Ada Hanya di Bulan Suci Ramadhan

Selasa, 28 Maret 2023 | 16:02 WIB
header img
Warga berdesak-desakan saat antri Bubur di halaman Masjid Muhdhor, Jl. Pemuda Tuban.

TUBAN, iNewsTuban.id - Tradisi bagi-bagi bubur Arab di Masjid Muhdhor Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kembali digelar selama bulan suci ramadhan. Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19, takjil gratis tersebut masih tetap menjadi buruan warga sekitar. Rasanya yang khas membuat ratusan warga rela antri berdesak-desakan. Uniknya, yang memasak bubur ini semuanya adalah laki-laki keturunan Arab.

 

Warga keturunan Arab di sekitar Masjid  Muhdhor  Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, selama bulan suci ramadhan, selepas sholat Dhuhur, langsung bergotong-royong memasak bubur. Mereka sangat bersemangat memulai tradisi memasak Bubur Muhdhor, yang ada sejak tahun 1937.

 

Bubur khas Arab ini dimasak kaum laki-laki. Mereka mengaduk beras secara bergantian dalam tungku besar. Sementara para wanita bertugas meracik bumbu ramuan khas Arab di rumah. Bumbu khusus ini dibuat dari rempah-rempah yang diolah bersama daging kambing, selanjutnya bumbu itu dimasukkan bersama santan, saat 30 Kg beras yang dimasak mulai matang.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut