get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Lestarikan Kearifan Lokal Warga Ngino Gelar Nduduk Sumber

Selasa, 11 Juli 2023 | 14:59 WIB
header img
Langen Tayub menjadi hiburan istimewa bagi warga dalam kegiatan keduk sumber dan sedekah bumi di Desa Ngino (Foto :Totok Martono)

Kades, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama dan undangan lainnya terlihat membaur dengan warga. Setelah sambutan dari  sang petinggi desa, prosesi  manganan  dimulai dengan umbul donga atau memanjatkan doa yang dipimpin oleh  tokoh desa setempat.Usai doa bersama ratusan warga kemudian menikmati bersama makanan yang dibawa dari rumah. Suasana gayeng, penuh paseduluran dan guyup rukun tergambar di acara yang digelar setiap satu tahun sekali itu.

 

“Prosesi keduk sumber dan manganan rutin diadakan setiap tahun. Waktunya mengikuti masa panen,” kata Kades Ngino Wawan Hariyadi,S.Pd. 

 

Kegiatan itu sendiri merupakan bentuk ungkapan rasa syukur warga atas karunia berlimpah atas semua berkah  dan potensi alam sumber air sendang Asmoro. Sendang Asmoro sendiri selain dipoles sebagai obyek wisata, selama ini menjadi sumber irigasi pertanian dan kebutuhan air bagi warga. 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut