get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Lestarikan Kearifan Lokal Warga Ngino Gelar Nduduk Sumber

Selasa, 11 Juli 2023 | 14:59 WIB
header img
Langen Tayub menjadi hiburan istimewa bagi warga dalam kegiatan keduk sumber dan sedekah bumi di Desa Ngino (Foto :Totok Martono)

Prosesi Keduk sumber sendiri merupakan kearifan lokal masyarakat untuk menjaga dan melestarikan alam. dalam pelaksanaannya keduk sumber dimulai dengan meletakkan sesaji dengan ubarampe bunga, jajanan pasar, kelapa dan benang lawe didekat cungkup makam Raden Naroto dan Dewi Kinanti, cikal bakal pendiri desa Ngino.

 

Diiringi dengan tetabuhan gamelan delapan orang warga yang merupakan ahli waris atau keturunan dari Raden Naroto dan Dewi Kinanti masuk kedalam sumber air yang tersembunyi didalam goa. Kedelapan orang lelaki itu dikedalaman goa membersihkan berbagai macam kotoran dan akar-akar liar yang dapat menyumbat mata air. Selama prosesi keduk sumber yang berlangsung sekitar satu jam itu, alunan gending-gending terus dikumandangkan. 

 

Ada kepercayaan masyarakat jika tidak diiringi gamelan maka mereka yang bertugas membersihkan sumber mata air akan merasakan suasana yang pengap dan gelap gulita dan kejadian diluar nalar lainnya.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut