get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Lestarikan Kearifan Lokal Warga Ngino Gelar Nduduk Sumber

Selasa, 11 Juli 2023 | 14:59 WIB
header img
Langen Tayub menjadi hiburan istimewa bagi warga dalam kegiatan keduk sumber dan sedekah bumi di Desa Ngino (Foto :Totok Martono)

TUBAN iNews Tuban.id - Budaya dan tradisi sebagai bagian dari kearifan lokal masih cukup kental dalam kehidupan masyarakat Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Seperti digelarnya kegiatan Keduk Sumber di Sumber air sendang Asmoro.

 

Ritual keduk sumber yang bebarengan dengan sedekah bumi bagi masyarakat Desa dipinggiran hutan jati itu bisa jadi merupakan ‘pesta rakyat’. Dalam setiap pagelarannya, ratusan warga selalu berkumpul dan dipunjerkan  di Sendang Asmoro yang sejak enam tahun terakhir telah menjadi destinasi wisata unggulan di bumi wali Tuban. 

 

Warga yang didominasi kaum perempuan itu terlihat sayuk rukun, berbondong-bondong datang ke Sendang Asmoro sambil membawa beraneka jenis makanan. Dari nasi dan lauk pauk, jajanan pasar dan makanan lain dari hasil perut bumi desa Ngino. Sambil menunggu dimulainya acara, para warga yang duduk lesehan, pada gayeng bercengkrama. Merekatkan tali paseduluran antar sesama. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut