get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba di Bulan Ramadhan, Satreskoba Polres Tuban Razia Narkoba

Kirab Budaya, Wayang dan Siratan Agung, Puncak Kegiatan Sedekah Bumi Desa Maibit

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 13:42 WIB
header img
Iringan-iringan Kepala Desa Maibit, Pemdes Maibit, Forkopimcam Rengel, saat masuk di kawasan Sendang Lanjar Maibit.

TUBAN, iNewsTuban.id - Sedekah Bumi yang diselenggarakan di kawasan wisata Lanjar Maibit di desa Maibit, Rengel, Tuban, dihadiri ribuan warga yang tumpah-ruah di Sendang Maibit. Dalam sedekah bumi tersebut, ada beberapa agenda kegiatan sebelum di acara puncak. Seminggu sebelumnya, sejumlah tokoh desa dan pemerintah desa sudah melakukan ziarah di makam Lanjar di Desa Temayang, Kecamatan Kerek.

Selain itu, pihak desa juga melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Sendang Lanjar Maibit terutama dikawasan sumber sendang. Sebelum digelar acara puncak yakni Siratan Agung, Kirab Budaya dan pagelaran wayang, pihak desa juga melakukan istighotsah yang didukung oleh seluruh warga desa setmpat, tokoh agama, tokoh masyarakat, RT, RW, Gapoktan dan sejumlah tokoh lain.

Kepala Desa Maibit, Ahmad Ali mengatakan, kirab budaya dan Siratan Agung di lokasi wisata Lanjar Maibit merupakan agenda tahunan, yang rutin diadakan setahun sekali. Puncak acara sedekah bumi tersebut selalu beriringan dengan PHBN, dim omen tujuh belasan.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut