get app
inews
Aa Read Next : Goa Gembul, Goa Tersembunyi Tempat Musyawarah Para Wali se-Jagad, Ini yang Dikatakan Gus Dur

KH Ali Machrus Bin Syech Abdurrohman (Santren Mbalong) Penyebar Islam Pertama di Desa Kedungprimpen

Selasa, 06 Agustus 2024 | 15:35 WIB
header img
Suasana Haul KH Ali Machrus Bin Syeh Abdurrohman, penyebar agama Islam pertama di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Bangunan Pondok Pesantren Mbah Ali Machrus tersebut terbuat dari kayu, masih utuh hingga saat ini, dan lokasinya saat ini berada di sebelah timur Masjid desa setempat. Santri-santri yang menimba ilmu agama Islam di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin tersebut, saat ini banyak yang berasal dari Merakurak, Kenduruan, Kabupaten Tuban, dari Bojonegoro dan juga dari Blora, Jawa Tengah.

 

“saya adalah generasi ke lima, canggah, Mbah Ali Machrus dulu datang dari Raci Rembang, datang kesini langsung membuat pondok di Kedungprimpen, sebutannya pondok nduri, kagungan putro 6,” imbuhnya.

 

Sementara itu, salah satu perwakilan Duriyah Mbah Ali Machrus dari Waru, Rembang, Jawa Tengah, Zakariya Al Anshori turut hadir dalam rangka Haul Mbah Ali Machrus tersebut. Zakariya juga baru saja mengetahui bahwa Mbah Ali Machrus adalah duriyah dari Mbah Abdurrohman Waru, Rembang Ketika mendapatkan informasi tersebut dari Desa Kedungprimpen, karena selama ini kepaten obor atau terputus tali sillaturrahmi.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut