get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Goa Gembul, Goa Tersembunyi Tempat Musyawarah Para Wali se-Jagad, Ini yang Dikatakan Gus Dur

Selasa, 27 Agustus 2024 | 16:18 WIB
header img
Lokasi Goa Gembul, di Dusun Gembul, Desa Jadi, kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, yang merupakan tempat berkumpulnya para wali untuk musyawarah menentukan perjuangan syiar Islam di Nusantara, Konon Goa Gembul juga disinggahi para Wali se-jagad.

Arif mengatakan, Goa Gembul memang tersohor karena goa tersebut dikenal sebagai goa tempat berkumpulnya para wali se-dunia. Di lokasi Goa Gembul ada tangga kecil dan memiliki tiga tingkatan, dan di tingkatan ke-tiga atau terakhir, ada sebuah amben (tempat tidur: red) tempat musyawarah para wali.

 

 

Di tingkat ke-3 tersebut juga merupakan lokasi pertapaan para wali, yang memang lokasinya di lereng tebing terjal lalu ada tempat menjorok ke dalam tebing sehingga tak terlihat oleh siapapun yang melewati tempat itu.

 

“ini dinamakan pertapaan pak, pertapaan itu kalau istilah Jawanya napakan, pertapaan itu artinya  perkumpulan para aulia para wali, mungkin dari wali kutub mungkin dari wali-wali yang bertempat di Indonesia, khususnya Wali Songo ini pernah singgah disini,” imbuhnya.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut