get app
inews
Aa Read Next : Bagaimanakah Cara Menghilangkan Bau Kaki di Sepatu, Mudah dan Ampuh?

Terapkan Teknologi Berbasis Industry 4.0, SIG Raih Dua Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024

Senin, 07 Oktober 2024 | 07:33 WIB
header img
Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari dan Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi membawa trofi Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024 dari Kementerian Perindustrian di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place.

Adapun use case Digitalisasi Terintegrasi “KOKOH” yang diterapkan oleh PT Semen Gresik di Pabrik Rembang, merupakan sentralisasi program digitalisasi yang telah mengadopsi teknologi berbasis Industry 4.0. Inovasi yang melibatkan teknologi Artificial Intelligence, Machine Learning, Databases, Industrial IOT (internet of things), GPS, M2M, Computer Network, dan PLC ini, membantu Perusahaan dalam mengelola dan mengintegrasikan seluruh data pada setiap proses bisnis sehingga menghasilkan realtime dashboard & reporting, rekomendasi parameter operasi optimal dan proyek digitalisasi baru untuk peningkatan profitabilitas.

 

Pola operasi terpadu yang didukung oleh teknologi Advanced Process Control, Critical Operating Parameter E-Performance, serta sistem subtitusi Industrial Diesel Oil (IDO) menjadi Compressed Natural Gas (CNG) yang telah terintegrasi, berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon  hingga 4,7%, efisiensi energi termal sebesar 3,1%, serta efisiensi energi listrik mencapai 6,4%.

 

Reni Wulandari menambahkan, belum lama ini SIG juga meraih penghargaan BUMN Technology Adoption Award 2024 kategori Cost Optimization dari Forum Digital (Fordigi) BUMN atas inisiatif Perusahaan dalam digitalisasi proses produksi di seluruh pabrik milik Perusahaan.

 

”Sederet penghargaan yang berhasil diraih oleh SIG merupakan bukti semangat inovasi Insan SIG yang telah adaptif untuk mengakselerasi transformasi industri dan meningkatkan keunggulan operasional yang menjadi daya saing SIG dan berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ujar Reni Wulandari.

 


Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari (kedua kanan) dan Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi (ketiga kanan) dan perwakilan perusahaan penerima Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024 dari Kementerian Perindustrian di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut