get app
inews
Aa Read Next : PSHT Gelar Bakti Sosial di Desa Gesing

Sunan Geseng Memiliki Karomah Kebal Api

Selasa, 31 Mei 2022 | 18:39 WIB
header img
makam Sunan Geseng, salah satu waliullah di Tuban yang banyak dikunjungi peziarah. (Foto : iNews)

TUBAN.iNews.id -Sunan Geseng merupakan salah satu murid Sunan Kalijaga yang setya mituhu dengan apa yang menjadi ‘titah’ sang guru. Nama Sunan Geseng sendiri tidak lepas dari karomah kebal api. walau sekujur tubuhnya terbakar, namun tidak menjadikannya tewas namun hanya membuat kulit tubuhnya geseng (gosong) sehingga terkenal dengan sebutan Sunan Geseng.

Makam Sunan Geseng berada di wilayah hutan Sundhulan, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban . Setiap harinya ratusan peziarah dari berbagai wilayah berdatangan. Di kompleks makam Sunan Geseng suasananya masih terasa sejuk dan asri karena banyaknya pohon-pohon jati. Jalan menuju makam Sunan Geseng yang berjarak sekitar 12  kilometer dari jantung kota Tuban cukup mulus. Di  kompleks makam juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga semakin menjadikan betah lan nyaman para pejiarah. Diantaranya yaitu dua buah gazebo, toilet, musholla dan juga warung makan. 
    
“Untuk merawat lokasi makam Sunan Geseng sudah dibentuk kepengurusan makam Sunan Geseng. Ada tiga juru kunci yang mempunyai tugas khusus menjaga kebersihan dan mengantarkan peziarah berkirim doa ke makam Sunan Geseng,” ujar Sutaji Kades Gesing, kepada  wartawan I news.id, Selasa (31/5)

Makam Sunan Geseng sendiri sudah menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Tuban. Pemerintah desa Gesing mempunyai program mengembangkan lokasi makam Sunan Gesing sehingga bisa berdampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat. 
    
Menurut keterangan Achmad Rochmad salah satu juru kunci, ratusan pejiarah yang datang di makam Sunan Geseng tidak hanya masyarakat umum. Namun juga banyak pejabat dan politisi nasional. Sayangnya, Rochmad yang sudah puluhan tahun menjadi juru kunci ini tidak menjelaskan siapa saja tokoh nasional tersebut. “Dulu Gus Dur (Abdurahman Wachid) juga sering berziarah kesini. Selain juga banyak kyai dan ulama lainnya,” jelasnya. 

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut