Perjalanan Karier Politik Prabowo Subianto: Dari Militer ke Kursi Pemerintahan

Nurul Hafsa Tuasikal
Prabowo Subianto (foto: Instagram @prabowo)

JAKARTA, iNewsTuban.id - Perjalanan karier politik Prabowo Subianto, berawal dari militer hingga ke kursi pemerintahan. Prabowo Subianto adalah tokoh politik yang mendapat banyak perhatian di Indonesia. Setelah pensiun dari militer, ia beralih ke dunia bisnis dan politik.

 

Berdasarkan buku 'Pemilu 2019: Kohesi Sosial Terdampak', karier politik mantan Danjen Kopassus itu dimulai ketika ia mencalonkan diri sebagai bakal calon presiden dari Partai Golkar dalam konvensi Capres Golkar tahun 2004. Meski lolos, Prabowo kalah suara dari Wiranto.

 

Pada 6 Februari 2008, bersama adiknya Hashim Djojohadikusumo, mantan aktivis mahasiswa Fadli Zon dan lainnya, Prabowo mendirikan Partai Gerindra. Ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP. Pada Pemilu 2009, Gerindra meraih 4,46 persen suara dan menempatkan 26 wakil di DPR.

 

Pada 9 Mei 2008, Partai Gerindra mengusulkan Prabowo sebagai bakal calon presiden untuk pemilu 2009. Namun, setelah proses negosiasi, Prabowo akhirnya bersedia menjadi calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri.

 

Keduanya menandatangani Perjanjian Batu Tulis, yang mencakup beberapa kesepakatan, termasuk bahwa Megawati dan Prabowo akan mendukung program masing-masing dan Prabowo akan mendapat dukungan dari Megawati untuk pencalonannya sebagai presiden pada pemilu 2014.

Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network