get app
inews
Aa Read Next : Peringati Harlah ke 59, DKC CBP KPP Tuban laksanakan Apel

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban Tinjau Hasil Produksi Kampung Kelor

Senin, 08 Agustus 2022 | 12:18 WIB
header img
Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban saat berkunjung ke Kampung Tematik Kelor. Foto : iNews.id. Siro.

TUBAN, iNews.id - Tim penggerak PKK Kabupaten Tuban melakukan tinjauan hasil pengolahan daun kelor di Kampung kelor Lingkungan Kiring, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis (4/8/2022).

Bertempat di rumah salah seorang warga Kiring yang merupakan pengepul daun kelor, kegiatan ini dihadiri oleh Camat Semanding drh. R. Cipta Dwipriyata, Lurah Gedongombo Achzar Pradiska Setia Putra, serta puluhan anggota tim penggerak PKK Kabupaten Tuban.

Ketua Kampung Tematik lingkungan Kiring Solikin mengatakan, dalam kunjungan ini para tamu disuguhi berbagai macam produk olahan yang sudah berjalan dipasaran hasil dari warga setempat.

"Ada teh kelor, teh secang dan teh Rosella. Selain itu ada kerupuk kelor, kemplang kelor, peyek kelor, wingko kelor dan lainnya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk pengolahan bahan baku kelor ini melibatkan sebanyak dua kelompok warga yang masing-masing setiap kelompok terdiri dari sekitar 10 hingga 15 orang.

"Setiap kelompok sudah dibagi tugas, seperti bagian produksi dan pengemasan," terangnya.

Ia melanjutkan, produk yang sedang banyak diminati dari kampung kelor ini adalah kerupuk kelor, wingko kelor dan klepon kelor.

"Terkadang sampai kewalahan untuk melayani pesanan yang datang dari sekitar Tuban, terutama dari ibu-ibu PKK se-Kabupaten. Selain itu sempat kirim ke wilayah Kabupaten Gresik hingga Bali," bebernya.

Kemudian Solikin mengeluhkan kendala pengajuan alat produksi kepada dinas terkait. Karena selama ini  pengajuan bantuan tersebut hingga saat ini belum terealisasi.

"Kami berharap agar kampung kelor yang berada di lingkungan Kiring ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten. Juga agar pengajuan bantuan alat kepada dinas terkait dapat segera terealisasi karena ini untuk seluruh warga," sebutnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Gedongombo Rena Hutami Fitriana menyebutkan, kegiatan ini selaras dengan harapan mas Bupati Tuban One Village Ine Product (OVOP).

"Kebetulan di wilayah kami ada kampung tematik yaitu kampung kelor dengan produk unggulan berbahan baku Kelor," bebernya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memantau perkembangan dan memastikan bahwa program dari Bupati Tuban sudah berjalan dengan baik.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut