get app
inews
Aa Read Next : Dies Natalis, Unirow Berikan Penganugerahan Insan Unirow Berprestasi

Pemanfaatan Bonggol Jagung Menjadi Briket Yang Bernilai Guna Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Kamis, 05 Oktober 2023 | 16:08 WIB
header img
Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban menjadi penerima hibah DRPM KemendikbudRistek Dikti Tahun 2023 pada bidang pengabdian masyarakat. Foto. Ist.

TUBAN, iNewsTuban.id - Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban menjadi penerima hibah DRPM KemendikbudRistek Dikti Tahun 2023 pada bidang pengabdian masyarakat sebanyak empat (4) kegiatan. Menurut Kepala LPM, Hendra Suwardana 3 kegiatan dilakukan secara internal dan 1 kegiatanya berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG).

Salah satu kegiatannya yang bertema “PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MENCIPTAKAN PRODUK BRIKET ARANG DARI LIMBAH BONGGOL JAGUNG GUNA MENINGKATKAN KAPASITAS EKONOMI MASYARAKAT DESA BRINGIN KECAMATAN MONTONG KABUPAľEN TUBAN PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2023”.

Para pengusul kegiatan tersebut kolaborasi program studi teknik industri dan program studi pendidikan ekonomi. Kerjasama ini dimaksudkan bagian dari aktualisasi MBKM, kata Hendra selaku ketua pengusul. Anggota dari kelompok ini terdiri dari para dosen dan mahasiswa.

Secara geografis Desa Bringin berada di Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Hasil melimpah dari produksi jagung di wilayah tersebut tersebut kontradiktif secara nilai guna ekonomis pada bonggol jagungnya yang dianggap sampah dan dibakar tanpa ada penambahan nilai, padahal apabila menjadi briket arang dapat bernilai guna ekonomis bagi Masyarakat sekitarnya, kata Handaru selaku tim dosen dalam menjelaskan latar belakang dipilihnya tempat kegiatan di desa Bringin. Ditegaskan oleh anggota Tim dosen lainnya Hendra Purwanto bahwa secara umum pengolahan bonggol jagung menjadi briket dapat dilakukan secara sederhana pula dan mudah untuk dipraktekkan

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut