get app
inews
Aa Read Next : SRPB Jatim Berangkatkan Dua Tim Respon Gempa Bawean

SIG dan Pemkab Gresik Teken Kerja Sama Pemanfaatan Bahan Bakar Alternatif dari Sampah

Selasa, 05 Maret 2024 | 17:36 WIB
header img
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (kiri) dan Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari (kanan) menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Pemanfaatan RDF (refuse-derived fuel) di TPST Belahanrejo, Kecamatan Kedamean, Gresik, Jawa Timur


TPST Belahanrejo dan TPST Ngipik telah dilengkapi fasilitas RDFyangmasing-masing memiliki kapasitaspengelolaan sampah sebesar200 ton/hari, dengan kapasitas input mesin 20 ton/hari yang dapatmenghasilkan 3,8 ton/hari RDF dari sampah anorganik dan 9 ton/hari RDF dari sampah organik. Melalui kerja sama ini, nantinya RDF dari dua fasilitas tersebut akan dikirimkan ke SIG Pabrik Tuban untuk digunakan sebagai bahan bakar alternatif substitusi batu bara.  

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bersyukur dan mengapresiasi kesediaan SIG untuk bekerja sama dengan Pemkab Gresik dalam pengelolaan sampah. Sebelum TPST Belahanrejo berdiri, selama bertahun-tahun sampah dari Gresik area Selatan harus dikirim ke TPST Ngipik di Kota Gresik yang jaraknya relatif jauh.

Cara ini sangat tidak efektif dan efisien, apalagi waktu ituTPST Ngipik belum dilengkapi fasilitas RDF.Kemudian Pemkab Gresik melengkapi TPST Ngipik dengan fasilitas RDF yang diresmikan pada Juni 2023.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut