get app
inews
Aa Read Next : SIG Lakukan Ekspansi di IKN Dengan Kepemilikan 20,9% Saham PT Karya Logistik Nusantara

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Selasa, 02 Juli 2024 | 12:19 WIB
header img
Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsTuban.id - Contoh teks pidato singkat tentang pendidikan yang mudah dihafalkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah ekspresi pemikiran melalui kata-kata yang disampaikan kepada khalayak umum. 
Tujuan dari pidato adalah menyampaikan suatu opini atau pandangan mengenai topik tertentu kepada audiens yang luas. Ada berbagai tema yang sering diangkat dalam pidato, termasuk di dalamnya topik pendidikan. 

 

Berikut ini adalah beberapa contoh pidato singkat tentang pendidikan yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (8/11/2023).

 

Contoh Teks PidatoSingkat Tentang Pendidikan
1. Pentingnya Pendidikan

 

(Pembukaan)
Selamat pagi/siang/sore/malam semuanya, 
Garda terdepan kemajuan suatu bangsa adalah pendidikan. Pendidikan tidak akan pernah lepas dari kunci sukses dari segala segi kehidupan. Maka dari itu, izinkan saya untuk menggalangkan semangat pendidikan dalam kesempatan kali ini.

 

(Isi)
Pendidikan adalah bidang yang sedang kita tempuh bersama-sama saat ini. Baik sebagai peserta didik maupun sebagai penyelenggara pendidikan. Kita semua sama di mata pendidikan, kita semua padu dalam ekosistem pendidikan sepanjang hayat. Artinya, sampai kapanpun dan dimanapun kita semua harus menjadi penggerak pendidikan baik dalam skala kecil maupun besar.

 

Pentingnya pendidikan dalam kehidupan bangsa bersandar pada kenyataan bahwa perkembangan sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam kesuksesan sistem masyarakat. Baik dalam sektor ekonomi, sosial, politik, budaya, dan sektor-sektor utama lainnya.

 

Masyarakat yang berpendidikan akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Contoh nyatanya dapat dilihat pada Jepang. Bagaimana negara tersebut dapat berdiri kembali dengan cepat setelah kehancurannya ketika bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

 

Sektor pendidikan adalah satu di antara hal utama yang mereka perhatikan pasca bencana kemanusiaan tersebut. Alhasil, meski mereka kalah dalam perang dunia kedua, mereka berhasil menjadi satu di antara negara dengan perekonomian terkuat di dunia.

 

Hal tersebut dapat ditelusuri dalam satu di antara artikel yang diterbitkan oleh Britannica, satu di antara lembaga pendidikan dunia yang menyatakan bahwa pasca kekalahannya dalam perang dunia kedua telah terjadi reformasi dan pengembangan besar-besaran dalam sistem pendidikan Jepang.

 

Dengan potongan kecil contoh tersebut, saya kira sudah cukup untuk menjadi argumen kuat ihwal pentingnya pendidikan. Segala segi kehidupan di dunia ini tidak pernah lepas dari kemajuan pendidikannya pula. Bukan hanya dari segi ilmu pengetahuannya saja, tetapi dari pendidikan karakter dan kemajuan mental masyarakat pula.

 

(Penutup)
Kiranya sudah cukup jelas apa yang saya sampaikan kali ini. Mari kita bersama-sama terus mengingat dan mewujudkan pendidikan yang baik dan mendidik di Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut