get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Langen Tayub Sedekah Bumi Dusun Bangsri Desa Ngujuran, Syukuri atas Limpahan Berkah dari Tuban YME

Senin, 15 Juli 2024 | 08:17 WIB
header img
Perangkat Desa dan warga Dusun Bangsri, Desa Ngujuran tampak menari Langen Tayub dalam gelaran pertunjukan kesenian tradisional dalam rangka sedekah bumi di dusunnya.

“harapannya semoga masyarakat kita lebih mengenal Langen Tayub agar tidak punah, soalnya seiring perkembangan jaman dan seni itu merupakan tradisi agar tidak hilang, kita nguri-nguri kebudayaan dengan cara sedekah bumi yang sudah langka ini,” imbuhnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Ngujuran, Sudi mengatakan, kegiatan sedekah bumi tersebut dilakukan di hari rabu pon bulan Syuro, atau di awal bulan Syuro. Sesuai kebiasaan warga desa setempat, setiap kali digelar acara sedekah bumi, juga selalu menampilkan kesenian tradisional Langen Tayub. Sedekah bumi tersebut digelar untuk mensyukuri nikmat dan berkah rejeki dari Tuhan Yang maha Esa, atas limpahan dan karunianya terhadap kemakmuran warga Desa Ngujuran selama ini.

 

“acara sedekah bumi suronan, dihari rabu pon syuro, tiap rabu pon bulan syuro, yaa disini kebiasaan tiap sedekah bumi sindhiran atau langen tayub, sebelum-sebelumnya juga sudah begitu, ini sindhirnya dari Bojonegoro dan Jatirogo, ini yang disedekahi punden, namanya punden Bangsri,” kata Sudi saat ditemui seusai pagelaran sindhir di Punden Dusun Bangsri.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut