get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Langen Tayub Sedekah Bumi Dusun Bangsri Desa Ngujuran, Syukuri atas Limpahan Berkah dari Tuban YME

Senin, 15 Juli 2024 | 08:17 WIB
header img
Perangkat Desa dan warga Dusun Bangsri, Desa Ngujuran tampak menari Langen Tayub dalam gelaran pertunjukan kesenian tradisional dalam rangka sedekah bumi di dusunnya.

“ini merupakan kegiatan rutinan di bulan syuro, memperingati hari sedekah bumi, nguri nguri kabudayan, bentuk acaranya itu langen tayub, kita menumbuhkan rasa seni dan agar kebudayaannya itu tidak hilang, ini merupakan sedekah bumi dusun yang dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun, pundennya punden Dusun Bangsri,” ungkapnya.

 

Anwar berharap, dengan diadakannya kesenian Langen Tayub ditengah-tengah warga desa yang sedang melakukan sedekah bumi, untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap seni tradisi yang berasal dari kearifan lokal desa atau wilayahnya. Kesenian Langen Tayub memang kerap dijumpai dan sering mewarnai kegiatan hajatan bagi warga Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Nganjuk, Kediri hingga Tulungagung.

 

Anwar juga berharap dengan adanya kesenian tradisional Langen Tayub, agar warga desa lebih mengenal Langen Tayub agar tidak punah didera kesenian modern dari bangsa lain.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut