get app
inews
Aa Read Next : Berkah Perayaan Kemerdekaan, Jasa Persewaan Kostum di Tuban Laris Manis

Langen Tayub Sedekah Bumi Dusun Bangsri Desa Ngujuran, Syukuri atas Limpahan Berkah dari Tuban YME

Senin, 15 Juli 2024 | 08:17 WIB
header img
Perangkat Desa dan warga Dusun Bangsri, Desa Ngujuran tampak menari Langen Tayub dalam gelaran pertunjukan kesenian tradisional dalam rangka sedekah bumi di dusunnya.

TUBAN, iNewsTuban.id – Suatu sore yang cerah, tampak ratusan warga berkumpul dalam satu arena perjamuan di sudut Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Di sebuah Punden Dusun Bangsri, Desa Ngujuran, ratusan warga tersebut sedang melaksanakan hajatan dusun yaitu seperti yang lazim kita kenal dengan istilah sedekah bumi.

 

Sedekah bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan keberkahan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil buminya. Sedekah bumi sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. 

 

Sementara itu di Dusun Bangsri, Desa Ngujuran, Bancar, setiap tahun sedekah bumi tersebut dilaksanakaan dua kali, dan yang terakhir pada setiap rabu pon bulan syuro. Sedekah bumi atau manganan di Dusun Bangsri tersebut, selalu diakhiri dengan pertunjukan kesenian Sindhiran atau Langen Tayub.

 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut