get app
inews
Aa Text
Read Next : Dorong Penggunaan Bahan Bakar Alternatif, Dirut SIG Dianugerahi Top CEO Indonesia Awards 2024

Latih Strategi Pemasaran Digital, SIG Bantu Tingkatkan Daya Saing Usaha Mikro dan Kecil di Gresik

Kamis, 24 Oktober 2024 | 14:12 WIB
header img
General Manager of CSR SIG, Edy Saraya (kedua kiri) didampingi Koordinator Bidang TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin Mustamin (paling kiri) memberikan bantuan 1 alat memasak kue berupa oven kepada peserta pelatihan Nunuk Novi Yuniarti di Gresik

Jakarta, iNewsTuban.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), menyelenggarakan pelatihan Strategi Pemasaran Digital kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Gresik di Grand Ballroom Hotel Horison, kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (17/10/2024) dan Jumat (18/10/2024).

 

Pelatihan diikuti oleh 42 pelaku UMK dari bidang fesyen, kuliner, hingga kerajinan (craft) berdasarkan rekomendasi Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik. Peserta pelatihan berasal dari 4 kecamatan di kabupaten Gresik, yaitu Kecamatan Kebomas, Gresik, Cerme dan Manyar. Pelatihan yang diberikan antara lain strategi digital marketing dengan optimalisasi e-commerce dan media sosial, pengelolaan informasi produk, praktik packaging produk yang efektif, pembukuan transaksi, hingga mindset dalam membangun relasi usaha untuk meningkatkan  jaringan pemasaran produk.

 

Koordinator Bidang TJSL Kementerian BUMN, Fahrudin Mustamin yang turut hadir dalam kegiatan memberikan apresiasi positif kepada SIG atas penyelenggaraan pelatihan strategi pemanfaatan digital kepada para pelaku UMK yang hadir. Fahrudin menyebutkan, SIG sebagai perusahaan BUMN menjalankan fungsi agen pembangunan dan membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat.

 

“Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN, salah satu tujuan pendirian BUMN adalah turut aktif dalam memberikan bantuan untuk pengusaha ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat. Oleh karena itu, SIG sebagai value creator harus mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat agar lebih memiliki nilai tambah,” ujar Fahrudin.

 

Menurut Fahrudin, saat ini UMKM di Indonesia menghadapi berbagai tantangan seperti peningkatan kapasitas, mutu dan skill (access to capabilities) serta peningkatan pasar (access to market) sehingga para pelaku UMKM terbatas dalam mengembangkan usahanya. Pihaknya mengaku, pelatihan seperti yang dilakukan SIG ini mampu menjawab tantangan UMKM di Indonesia. “Kami harap pelatihan ini mampu menjadi sarana belajar dan berkembang bersama. Sesuai dengan tema pelatihan “We Learn to Grow, We Earn to Grow”, belajar dan menghasilkan untuk tumbuh dan bersinar bersama. Tidak hanya dalam hal kapasitas tapi juga pendapatan karena harus optimis mampu go digital bahkan go global,” imbuh Fahrudin.

 


Tim pendamping pelatihan Strategi Pemasaran Digital membantu peserta dalam optimalisasi penggunaan e-commerce dan pengelolaan informasi produk di media sosial di Grand Ballroom Hotel Horison, kabupaten Gresik, Jawa Timur

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut