get app
inews
Aa Read Next : Sedekah Bumi, Warga Tuban Beri Makan Hewan Liar Penghuni Sendang Bektiharjo

Prosesi Keduk Sumber Sendang Asmoro Ngino, Lestarikan Kearifan Lokal dan Alam

Rabu, 11 Mei 2022 | 22:43 WIB
header img
Kegiatan sedekah bumi dengan pagelaran langen tayub dengan tiga waranggono diiringi gamelan Gandrung Ngesti Laras yang digelar sejak siang hingga sore hari dan dilanjutkan semalam suntuk. (Foto : Ist)

TUBAN, iNews.id - Tradisi keduk sumber menjadi bagian kearifan lokal yang masih diletarikan warga Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian sedekah bumi ini dipusatkan di Wisata Sendang Asmoro, Rabu (11/5/2022).

keduk Sumber Sendang Asmoro dan Sedekah bumi bisa dibilang pesta rakyat yang senantiasa disambut suka cita warga desa Ngino. Tidak hanya menjadi ajang bersilahturohim dengan sesama warga, tradisi yang digelar rutin setiap tahun itu juga menjadi sarana memanjatkan doa dan rasa syukur warga atas limpahan keberkahan dari Sang Maha Kuasa. Sebagai wujud dari rasa syukur itu setiap warga datang membawa ambeng dan berbagai jenis makanan lainnya ke Sendang Asmoro.

"Kegiatan duduk sumber dan sedekah bumi merupakan kearifan lokal warisan leluhur yang masih tetap dilestarikan warga," kata Kades Ngino Wawan Hariyadi,S.Pd kepada I News.id. Makna yang terkandung lainnya, dengan duduk sumber menjaga kelestarian alam. 

"Pihak Pemdes Ngino juga mengagendakan keduk sumber dan sedekah bumi menjadi paket wisata budaya untuk lebih meningkatkan animo masyarakat berwisata di Wisata Sendang Asmoro," Kata Kades yang juga Ketua Papdesi Kecamatan Semanding itu.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut