get app
inews
Aa Read Next : Harga Telur Ayam di Tuban Merangkak Naik Hingga Tembus Rp 29.000, Harga Gula Pasir Turun

Air Sumur Warisan Mbah Sunan Geseng di Percaya Menyembuhkan Penyakit

Selasa, 31 Mei 2022 | 19:03 WIB
header img
Tempat pasujudan Sunan Geseng. (Foto : iNews)

TUBAN.iNews.id - Makam Sunan Geseng di Desa Gesing , Kecamatan Gesing, Kabupaten Tuban menjadi salah satu destinasi wisata religi di bumi wali. Para peziarah tidak hanya dari sekitar wilayah Tuban namun juga dari daerah lain dari pelosok negeri. Selain memanjatkan doa, tak sedikit dari pejiarah yang mengambil air dari sumur peninggalan Sunan Gesing yang dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit.

Di makam Sunan Geseng peziarah tidak hanya berdoa di lokasi makam yang bentuk bangunannya menggunakan model gaya mataraman. Tempat lain yang menjadi tujuan peziarah yaitu tempat pasujudan Sunan Geseng. Papan pasujudan tersebut berbentuk batu pipih yang pernah digunakan Sunan Geseng wiridan. peziarah juga banyak yang mendatangi sumur dan tempat pemandian yang jaraknya sekitar dua kilometer dari makam Sunan Geseng.

Sumur peninggalan Sunan Geseng tidak pernah kering airnya walau musim kemarau panjang. Bahkan dimusim penghujan airnya semakin besar,” tambah Kuntamat juru makam Sunan Geseng. Selain mandi banyak peziarah yang mengambil air sumur dibawa pulang. Dipercaya air sumur peninggalan Sunan Geseng tersebut ‘berkaromah’ obat.

Dari dua juru kunci Rochmad dan Kuntamat  didapat sejarah kehidupan mengenai Sunan Geseng. Diceritakan nama asli Sunan Geseng yaitu Raden Mas (RM) Cokrojaya. Berdasarkan silsilah, RM Cokrojaya masih keturunan dari Prabu Brawijaya dengan Dewi Rengganis.

Disuatu waktu, saat Cokrojaya sedang merebus air nira untuk dibuat gula jawa sambil nembang sayup - sayup, didatangi oleh Sunan Kalijaga yang terlihat terpesona dengan lirik lagu yang ditembangkan Cokrojaya.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut