Kajari Tuban : Selain Penindakan, Jaksa Juga Berperan Aktif dalam Fungsi Pencegahan

Pipit Wibawanto
Kajari Tuban Iwan Catur Karyawan saat memberikan plakat kepada salah satu host Podcast Cethik Geni

TUBAN, iNewsTuban.id – Selain bertugas dalam rangka penindakan, tugas jaksa saat ini juga turut berperan aktif dalam fungsi pencegahan. Fungsi kejaksaan selain penegakan hukum juga melakukan tindakan preventif timbulnya pelanggaran hukum.

Dalam tataran pendidikan, program Jaksa masuk sekolah ditujukan untuk siswa tingkat SD, SMP dan SMA, untuk memperkaya pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan, serta menciptakan generasi baru taat hukum untuk tujuan kenali hukum dan jauhi hukuman.

Melalui Jaksa jaga desa, fungsi penerangan dan penyuluhan hukum kepada aparatur pemerintah desa, terkait pengelolaan keuangan, juga lembaga-lembaga yang ada di desa, seperti BPD, LPMD, dan organ organ lainnya yang ada di desa.

Kejaksaan dalam bidang Perdata dan TUN, memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat secara gratis, apabila masyarakat ingin konsultasi permasalahan hukum bisa menghubungi jaksa pengacara negara

Dalam mendukung pembangunan di daerah, bidang Intelijen Kejaksaan juga memiliki program pengamanan, pembangunan strategis daerah, hal itu merupakan bagian dari peran intelijen penegakan hukum, dalam melakukan upaya pekerjaan deteksi dini.

Intelijen Penegakan Hukum dalam melakukan upaya, pekerjaan, kegiatan, dan tindakan untuk deteksi dini dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan dan penanggulangan terhadap setiap hakikat ancaman, yang mungkin timbul dan mengancam kepentingan  keamanan di bidang pembangunan strategis daerah, sehingga dalam pelaksanaanaannya diharapkan dapat dilaksanakan secara tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran. 

“jadi kami siap mendampingi program pembangunan strategis yang ada di daerah Tuban, yang telah ditetapkan dengan SK Bupati, agar supaya dalam pembangunan nantinya dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran,” ujar Iwan Catur Karyawan, Kepala Kejaksaan Negeri  Tuban, saat menjadi narasumber di Podcast Cethik Geni.

Perbincangan dalam Podcast Cethik Geni tersebut, Jaksa Menjawab dengan narasumber Kepala Kejaksaan Negeri Tuban tersebut membahas mengenai berbagai program-program Kejaksaan, diantaranya terkait Program Jaksa Jaga Desa, Pengamanan Pembangunan Strategis Daerah, Penyuluhan/ penerangan hukum, Pelayanan Hukum dan Restorative Justice.

Editor : Prayudianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network