KH Ali Machrus Bin Syech Abdurrohman (Santren Mbalong) Penyebar Islam Pertama di Desa Kedungprimpen

Pipiet Wibawanto
Suasana Haul KH Ali Machrus Bin Syeh Abdurrohman, penyebar agama Islam pertama di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Menurut cerita dari warga sekitar, sebelum Mbah Mbah Ali Machrus masuk ke Desa Kedungprimpen, desa tersebut terkenal dengan desa yang masih jahiliyah dan tak mengenal agama sekalipun. Ketika Mbah Ali Machrus masuk ke desa tersebut, barulah warga Desa Kedungprimpen mengenal agama Islam.

 

Ada juga warga yang mengisahkan, bahkan Mbah Ali Machrus konon merupakan pasukan Pangeran Diponegoro yang berjuang melawan pendudukan Belanda di tanah Jawa. Saat Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda dan diasingkan keluar daerah, banyak pasukan yang membantu perjuangan Pangeran Diponegoro menyebar dan bergerak secara gerilya ke desa-desa yang jauh dari pantauan Belanda. Termasuk Mbah Ali Machrus yang berpencar dari pasukan lainnya dan akhirnya bermukim di Desa Kedungprimpen, yang berada di pinggir Sungai Bengawan Solo.

 

Mbah Ali Machrus lahir kisaran tahun 1792, dan masuk ke Desa Kedungprimpen tahun 1825 setelah Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda. Mbah Ali Machrus memiliki beberapa putra dan putri, dan Sebagian putranya ada yang jadi pendekar. 

 



Editor : Prayudianto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network