get app
inews
Aa
Read Next : Berawal Dari Cekcok, Seorang Suami di Tuban Aniaya Istri Hingga Tewas

Rebutan Gunungan Warnai Tradisi Sedekah Bumi

Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:41 WIB
header img
Ratusan warga di 5 desa di Kabupaten Tuban, menggelar tradisi sedekah bumi. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

Tuban, iNewsTuban.id - Sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen, ratusan warga di 5 desa di Kabupaten Tuban, menggelar tradisi sedekah bumi. Ttradisi turun-temurun ini digelar dengan mengarak gunungan berisi sayur mayur hasil panen para petani setempat.
 
Ratusan warga dari 5 desa di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban berbondong-bondong mendatangi makam leluhur yang ada di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Mereka berjalan ke makam dengan mengarak gunungan berisi sayur mayur hasil panen para petani setempat.
 
Gunungan tersebut dipikul secara bergantian oleh warga laki-laki. Sementara yang perempuan berjalan mengikuti dari belakang gunungan tersebut. Sesampainya di makam, gunungan tersebut diletakan di tengah kerumunan warga secara melingkar.
 
Dipimpin oleh salah satu tokoh masyarakat, warga kemudian menggelar doa bersama. Kegiatan kemudian ditutup dengan saling menukar makanan, serta berebut sayur mayur dan buah buahan yang ada di gunungan.
 
Menurut Rajud, tokoh masyarakat setempat, sedekah bumi ini merupakan tradisi turun temurun dan dilakukan setiap satu tahun sekali, usai panen raya. Tradisi ini digelar sebagai wujud rasa syukur kepada Allah atas hasil panen melimpah.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut