get app
inews
Aa
Read Next : Pelaku Sempat Bunuh Diri Setelah Bunuh Istrinya, Pelaku Sakit Hati Sering Dikecewakan

Rebutan Gunungan Warnai Tradisi Sedekah Bumi

Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:41 WIB
header img
Ratusan warga di 5 desa di Kabupaten Tuban, menggelar tradisi sedekah bumi. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

Ratusan warga yang datang berasal dari 5 desa di Kecamatan Kerek, yakni Desa Kasiman, Gaji, Sumberarum, Margorejo dan Kedungrejo.
 
“kegiatan hari ini adalah kegiatan tahunan, syukuran sedekah bumi hasil panen tahun ini melinmpah, rata rata bawa makanan nasi sama lauk pauknya dan buah buahan, maknanya menampilkan hasil bumi yang ada di sini, hasil dari tanaman yang ada disini adalah hasil bumi yang patut di syukuri,” ujar Rajud.


Gunungan tersebut dipikul secara bergantian oleh warga laki-laki. Foto : iNews.id. Pipit Wibawanto.

Sedekah bumi atau yang biasa disebut warga setempat sebagai tradisi manganan ini, terus lestari di tengah perkembangan zaman. Ddengan tradisi ini, warga berharap hasil panen mereka bisa melimpah serta mendapatkan berkah.
 
“acara manganan, bawa nasi sama jajan, ditukar sama yang lain, ada yang dibawa pulang, ini tradisi setiap tahun sekali,” kata Rasipah.
 
Sekedar diketahui, tradisi sedekah bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sangat populer dan masih lestari, khususnya di Pulau Jawa.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut