get app
inews
Aa
Read Next : Hari Hutan Internasional 2024, SIG Tanam 500 Ribu Lebih Pohon di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

SIG Raih Tiga Penghargaan Pada Ajang Good Mining Practices Award 2022 Dari Kementerian ESDM

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 18:14 WIB
header img
Direktur Produksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Reni Wulandari saat menerima penghargaan dari Kementrian ESDM. Foto : iNews/Siro

"SIG meraih penghargaan atas upaya pengelolaan lingkungan pertambangan yang berkelanjutan di Pabrik Tuban," sebut Vita Mahreyni dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Proses penambangan yang dilakukan SIG di Pabrik Tuban menerapkan metode zero run off, metode ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan air bawah tanah di area tambang. Sedangkan pengelolaan lahan pascatambang, kami menerapkan inovasi reklamasi dengan menggunakan sistem alur. 

"Teknik ini dilakukan dengan membuat lubang berbentuk alur memanjang, seperti parit dengan dimensi tertentu sebagai media tanam, sehingga lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan," kata Vita Mahreyni.

Kemudian, pada aspek keselamatan pertambangan, SIG menerapkan driving monitoring system (DMS) dengan memasang fatigue sensor dan in-cabin camera di seluruh armada tambang. DMS merupakan alat monitoring operator untuk mencegah terjadinya accident akibat fatigue dan unsafe action saat mengoperasikan unit ketika bekerja. 

"Dengan DMS ini, pengawas dapat memonitor dan intervensi secara realtime sehingga mampu mewujudkan zero accident di area tambang," imbuhnya.

Lebih lanjut, Vita Mahreyni mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi bagi pihaknya. Untuk terus melakukan inovasi dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut