get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan Harlah NU ke 101, Relawan Jawa Timur Bersama Ganjar-Mahfud Adakan Beragam Ngaji Bareng NU

Melihat Pusaka dan Peninggalan KH Hasyim Asy'ari setelah 1 Abad NU

Jum'at, 03 Februari 2023 | 19:28 WIB
header img
Foto dan peninggalan KH Hasyim Asyari. (Mukhtar Bagus).

JOMBANG, iNewsTuban.id - Jamiyah Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan KH Hasyim Asy'ari akan genap berusia satu abad atau 100 tahun. Berbagai benda pusaka yang mengiringi perjuangan Kiai Hasyim pun masih banyak yang tersimpan dengan baik dan terawat hingga saat ini.

Sebagian peninggalan Kiai Hasyim telah disimpan di museum Islam Indonesia. Sementara sebagian lainnya masih disimpan khusus oleh cucu-cucunya, seperti tongkat kayu yang biasa digunukan untuk berdakwah serta sejumlah perabot dari mulai lampu, meja dan kursi. 


Tongkat peninggalan KH Hasyim Asyari. (Mukhtar Bagus)

Seluruh benda peninggalan itu masih dirawat dengan baik oleh salah satu cucu Kiai Hasyim, KH Riza Yusuf Hasyim (Gus Riza), putra KH Yusuf Hasyim di rumahnya yang berada di Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Beberapa pusaka dan peninggalan Kiai Hasyim banyak yang masih utuh. Namun, beberapa lainnya ditemukan rusak dan telah diperbaiki seperti semula, seperti kursi tamu berbahan kayu. 

"Dulunya rusak, terus saya bangun kembali," kata Gus Riza.

Selain kursi ada pula peralatan memasak milik Nyai Nasruroh, istri terakhir KH Hasyim Asy'ari atau yang biasa dikenal dengan sebutan Nyai Kapu. Di dalam rumahnya ini, Gus Riza juga menyimpan lemari kayu milik kakeknya tersebut, lengkap dengan kunci yang unik. Kunci kuno itu terbuat dari besi dengan ukuran yang sangat besar.

Editor : Prayudianto

Follow Berita iNews Tuban di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut