get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan Harlah NU ke 101, Relawan Jawa Timur Bersama Ganjar-Mahfud Adakan Beragam Ngaji Bareng NU

Melihat Pusaka dan Peninggalan KH Hasyim Asy'ari setelah 1 Abad NU

Jum'at, 03 Februari 2023 | 19:28 WIB
header img
Foto dan peninggalan KH Hasyim Asyari. (Mukhtar Bagus).

Di antara peninggalan KH Hasyim Asyari yang paling monumental dan menjadi perhatian warga NU yakni tongkat yang dulu dipergunakan oleh KH Hasyim Asya'ri semasa hidup. Tongkat ini terbuat dari kayu dengan bentuk yang sangat halus.

Selain tongkat Kiai Hasyim, Gus Riza juga menyimpan sebuah pedang milik ayahnya, KH Yusuf Hasyim, putra terakhir KH Hasyim Asy'ari. Pedagang tersebut dahulu biasa dibawa oleh KH Yusuf Hasyim saat masih menjabat sebagai komandan kompi dalam pasukan Hisbullah di wilayah Jombang. 


Tongkat peninggalan KH Hasyim Asyari. (Mukhtar Bagus).

Di halaman rumahnya, Gus Riza juga menyimpan batu lumpang yang sehari hari dipergunakan oleh keluarga Kiai Hasyim serta tekel bekas lantai masjid Pondok Pesantren Tebuireng yang dulu dibangun oleh KH Hasyim Asyari. Bekas lantai tersebut dibongkar karena masjid yang lama direnovasi. Oleh Gus Riza, bekas lantai tersebut kemudian diboyong dan diamankan di halaman rumahnya.

Gus Riza mengaku sengaja mengamankan dan menjaga berbagai peninggalan KH Hasyim Asyari tersebut agar kelak dapat dijadikan sebagai bukti sejarah sekaligus pembelajaran bagi generasi penerus. 



 

Editor : Prayudianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut